Kenapa Saya Tidak Juga Hamil?

Share:

Kenapa saya tidak bisa juga hamil-hamil?

Muncul sebuah pertanyaan dalam hati setiap orang yang masih belum memiliki keturunan. Kenapa ya saya tidak juga hamil? Padahal siklus haid / menstruasi saya normal dan gaya hidup saya tergolong sehat. Saya tidak merokok, selalu makan makanan sehat sayur dan buah. Sudah periksa dokter dan tidak ada masalah pada kami berdua. melakukan hubungan seks yang tepat setiap periode menstruasi dan saya tidak gemuk.

grafik bbt ovulasiNah bukan hanya Anda yang memiliki masalah tersebut, bersabar, berusaha dan terus tawakal lah pada Allah SWT. Susah mendapatkan keturunan ini sangat besar dialami oleh para pasangan muda yang baru saja menikah.

Mari kita bahas satu persatu permasalahan kenapa kita tidak kunjung hamil? Hal yang pertama kita lihat adalah berapa kali Anda sudah mencoba melakukan seks untuk hamil? Kurang lebih 80% dari pasangan suami istri baru akan hamil setelah 6 bulan mencobanya. Dan 90% akan hamil muda setelah melakukan hubungan selama satu tahun.

Faktor-Faktor Penyebab Tidak Juga Bisa Hamil

Jadi secara normal anda harus benar-benar mencoba hingga setidaknya 1 tahun berhubungan seks program hamil. Nah jika dalam 1 tahun program Anda tidak berhasil itu baru ada masalah. Mari kita lihat permasalah apa saja yang bisa jadi penyebab susah hamil.

1. Usia produktif

Usia yang tidak produktif pada wanita sangat mempengaruhi frekuansi produksi ovulasi serta kualitasnya. Menstruasi bisa saja normal dan teratur, namun kualitas dari sel telur dan hormon jadi kurang berkualitas untuk proses pembuahan. Usia produktif pada laki-laki adalah empatpuluh tahun dan pada wanita adalah tigpuluh lima tahun.

Bagi wanita usia 19 hingga 26 tahun adalah yang paling subur karena memiliki kesempatan 50% untuk kehamilan. Untuk wanita usia 35-39 tahun, kemungkinannya hanyalah 29%. Meskipun bukannya tidak mungkin, namun persentase keberhasilan semakin menurun pada wanita yang diatas 35 tahun.

Bagi pria dewasa sebuah studi ditemukan bahwa secara keseluruhan, jumlah air mani memuncak pada usia 30 sampai 35 tahun, sementara jumlah keseluruhan air mani ditemukan terendah setelah usia 55.

Mereka juga menemukan bahwa motilitas sperma (daya sperma untuk berenang menghampiri sel telur) yang terbaik sebelum usia 25 dan terendah setelah usia 55. Bahkan, saat dibandingkan jumlah “baik berenang” sperma pada pria antara usia 30 sampai 35 tahun dengan pria di atas usia 55, motilitas spermanya menurun 54%.

2. Infertilitas pada Pria

Tidak dapat dipungkiri dalam penelitian salah satu penyebab susah dapat keturunan adalah 1/3 penyebab dari masalah laki-laki. Tidak seperti infertilitas wanita (di mana menstruasi yang tidak teratur dapat mengisyaratkan masalah) dan itu terlihat jelas, namun untuk infertilitas pria susah dideteksi.

Dalam beberapa kasus, masalah hormonal dapat diduga jika seorang pria memiliki pertumbuhan rambut kelamin abnormal, libido rendah, atau indikasi lain dari disfungsi seksual.

Faktor risiko infertilitas pria termasuk obesitas, usia (lebih dari 40 tahun), infeksi PMS (Penyakit menular seksual), merokok, atau minum-minuman keras. Beberapa obat kimia juga dapat merusak kesuburan.

Berikut ini beberapa indikasi penyebab masalah pada reproduksi pria.

  • Cairan mani tidak mengandung sel sperma (azoospermia).
  • Jumlah sperma rendah (oligospermia) kurang dari 40 juta sperma dalam setiap ejakulasi.
  • Bentuk sperma yang abnormal (teratozoospermia) dimana sperma yang normal tidak lebih dari 14% saja.
  • Daya renang sperma rendah (asthenozoospermia) dimana sperma yang berenang kurang dari 50%.
  • Sperma yang tidak bergerak (necrozoospermia); sperma mungkin masih hidup dan tidak bergerak, atau mereka mungkin akan mati.
  • Masalah dengan pengiriman sperma, karena disfungsi seksual, obstruksi, vasektomi sebelumnya, atau ejakulasi retrograde.
  • Masalah dengan ereksi atau masalah seksual lainnya.

varicocelePenyebab yang paling umum dari ketidaksuburan pria adalah varicoceles. Varikokel adalah varises vena yang ditemukan dalam skrotum (telur penis). Varises (pembulh darah membesar/membengkak) itu menyebabkan proses pembentukan sperma kekurangan oksigen, terjadi peningkatan suhu pada buah zakar yang menyebabkan pembentukan sperma normal dan menyebabkan tercampurnya sisa metabolisme ginjal ke dalam buah zakar.

3. Tuba Fallopian yang Tersumbat

tuba falopi tersumbatSaluran tuba adalah dua tabung tipis, satu di setiap sisi uterus, yang membantu mengeluarkan telur yang matang dari ovarium ke rahim. Tabung falopi juga dikenal sebagai saluran telur, tabung rahim, dan salpinges (salpinx tunggal). Tuba falopi tersumbat menyebabkan sel telur dan sperma bertemu, sehingga pembuahan tidak mungkin terjadi.

Setiap bulan, ketika ovulasi terjadi, telur dilepaskan dari salah satu ovarium. Telur perjalanan dari ovarium, melalui tabung fallopi, dan ke dalam rahim. Sperma juga perlu berenang dari leher rahim, lalu melalui rahim, dan melalui saluran tuba untuk mendapatkan telur. pembuahan biasanya terjadi ketika telur bepergian melalui tabung.

Jika salah satu atau kedua tuba falopi tersumbat, sel telur tidak dapat mencapai rahim, dan sperma tidak dapat mencapai sel telur, sehingga mencegah pembuahan dan terjadinya kehamilan.

Tabung fallopi yang terhambat biasanya didiagnosis dengan x-ray khusus, disebut hysterosalpingogram, atau HSG. Tes ini melibatkan menempatkan pewarna melalui leher rahim, dengan menggunakan tabung kecil. Setelah pewarna telah diberikan, dokter akan mengambil x-ray dari daerah panggul Anda.

Penyebab paling umum dari tuba falopi adalah penyakit radang panggul (PID – Pelvic Inflammatory Disease). PID adalah hasil dari penyakit transmisi seksual, tetapi tidak semua infeksi panggul yang berhubungan dengan PMS ( Penyakit Menular Seksual). Bahkan meskipun penyakit PID ini sudah sembuh namun masih tetap meningkatkan risiko tabung fallofi terhambat.

Penyebab potensial lain dari tuba falopi yang tersumbat:

  • Pernah atau sedang mengalami STD (Sexually Transmitted Diseases)/PMS, khususnya Chlamydia atau Gonore.
  • Riwayat infeksi rahim yang disebabkan oleh aborsi atau keguguran.
  • Riwayat usus buntu yang pecah.
  • Riwayat operasi di perut.
  • Pernah mengalami kehamilan ektopik (sebuah kehamilan normal, di mana implan embrio berada di luar rahim, biasanya di tuba falopi).
  • Endometriosis (Endometriosis adalah suatu kondisi dimana endometrium, jaringan dari lapisan rahim, bentuk dan tumbuh di tempat-tempat di luar rahim. Pertumbuhan ini dapat menyebabkan rasa sakit dan infertilitas. Hingga 50% dari wanita yang memiliki endometriosis mungkin mengalami infertilitas/susah dapat keturunan).

4. Gangguan Medis

Masalah medis atau gangguan kesehatan dapat menyebabkan kemandulan baik pada pria maupun wanita. Sebagai contoh, masalah dengan tiroid atau diabetes terdiagnosis semua dapat menyebabkan kemandulan. PMS terdiagnosis juga dapat menjadi penyebab infertilitas.

5. Masalah Lain yang Belum bisa Dijelaskan

Hampir 25 % sampai 30 % dari pasangan yang mengalami infertility, tidak ditemukan penyebabnya. Beberapa dokter mengatakan ini adalah kurangnya diagnosis yang baik, dan ini bisa juga karena kuasa Allah SWT.

Allah tau mana yang terbaik untuk kita. Saat pasangan suami istri mengalami masalah tidak juga mendapat keturunan beberapa poin yang bisa kita ambil hikmahnya.

  1. Ini adalah azab yang Allah berikan dikarenakan dosa yang telah kita lakukan, untuk itu coba lirik dalam diri kita dan pasangan, adakah dosa besar yang belum kita tobati
  2. Allah tau mana yang terbaik, agar kita berusaha dan mendapatkan pahala dari usaha dan kesabaran yang kita lakukan
  3. Mungkin kita kurang berusaha untuk mencari solusi mengatasi susah punya anak.

Semoga bermanfaat.

Salam hangat, jika Anda ingin mencoba ikhtiar lagi, silakan kontak kami untuk menemukan solusi yang InsyaAllah bisa membantu.

agen obat keputihan crystal x

Silakan kontak kami :

Call/Sms/WhatsApp :
– 0812 2798 9696 (Simpati)
– 0878 8336 5300 (XL)

Pin BB : D26BDCDA

Office :
Jl. Kenanga No 464A Jeruklegi, Banguntapan, Bantul, Yogyakarta 55198.
Kenapa Saya Tidak Juga Hamil? | Koko Wijanarko | 4.5

Berita Lainnya

error: Exclusive only on Terapimuslim.com !!
Visit Koko Wijanarko at Ping.sg Health Blogs
Health top blog sites
top blog sites Top  blogs