Terapi Stem Cell di Indonesia

Share:

Terapi Stem Cell atau bisa juga disebut dengan terapi dengan menggunakan sel ajaib organik. Penyakit yang pada awal mulanya tidak bisa sembuh dengan therapy konvensional (kemoterapi serta radioterapi), seperti chronic lymphatic leukemia, multiple myeloma, dan thallasemia mayor. Kini ada harapan baru dengan ditemukannya stem cell.

Satu tahun belakangan ini, ada perkembangan didunia medis terlebih pada bagian hematologi serta transplantasi stem cell. “Terapi Stem cell ini adalah generasi ke-5 dalam perkembangan histori dunia penyembuhan/kedokteran sesudah pemakaian bahan alami (herbal), deteksi beberapa zat yang menempel pada jaringan (screening) yang berlanjut pada penemuan obat sifilis, penemuan antibiotik penisilin oleh Alexander Flemming, serta bioteknologi” ungkap dr. Boenjamin.

Stem cell adalah sel yang sangatlah unik dikarenakan mempunyai potensi yang mempesona untuk berkembang biak serta dapat berubah menjadi beberapa sel baru atau sel badan yang lain. Secara sederhana terapi stem cell ini bermanfaat untuk mengganti sel-sel yang telah rusak di dalam tubuh agar bisa diperbaharui secara alami.

terapi stem cell

Terapi Stem cell bertugas melakukan perbaikan kelainan pada bagian tubuh, yang secara teoritis stem cell bisa berkembang tanpa ada batas untuk menginjeksi beberapa sel lain untuk badan sepanjang manusia atau hewan itu masih tetap hidup. Waktu suatu stem cell terdiri, tiap-tiap sel baru mempunyai potensi untuk terus menjadi stem cell lain atau bahkan bisa menjadi beberapa sel yang tidak sama dengan manfaat yang semakin khusus, seperti sel otot, sel darah merah, sel otak, sel hati, sel ginjal dan sebagainya.

Sumber Terapi Stem Cell

Sumber dari terapi stem cel secara khusus dibagi menjadi 2 sumber yaitu :

  • Stem cell dari embrio (embryonal stem cells) Di ambil dari embrio pada fase blastosist. Massa sel sisi dalam mengelompok serta memiliki kandungan stem cell embrionik. Beberapa sel diisolasi dari saat sel sisi dalam serta dikultur dengan cara in vitro. Stem cell bakal terspesialisasi jadi sel – sel darah, beberapa sel otot, beberapa sel hati, beberapa sel ginjal.
  • Stem cell dewasa (adult stem cells) Satu diantara salah satunya yaitu stem cell hematopoietik (hematopoietic stem cells) stem cell pembentuk darah yang dapat membuat sel darah merah, sel darah putih serta keping darah yang sehat. Umum didapati pada sumsum tulang (bone marrow), darah pinggir (perifer blood) serta darah tali pusar (umbilical cord blood).

jenis stem cell“Di Amerika, stem cell dari embrio ini ditentang oleh Presiden Bush lantaran dikira dapat membunuh/diperoleh dari mematikan nyawa lain. Dari 60 stem cell line yang sukses direkayasa di unit penelitian AS, cuma tersisa 20 stem cell yang berperan” kata dr Boenjamin.

Stem cell ini terdapat banyak di tali pusar bayi yang baru lahir. Oleh karenanya, darah dari tali pusar bayi bisa disimpan serta dipakai di dimasa mendatang apabila dibutuhkan. Bahkan juga, Korea, Thailand serta Singapura telah mensediakan sarana penyimpanan darah tali pusar. Satu diantara bank penyimpanan tali pusar bayi baru lahir yaitu adalah Cordlife, Singapura. Penyimpanan ini dikenakan cost sekitar 2000 dollar Singapura serta tiap-tiap tahunnya mesti membayar cost perawatan 200 dollar Singapura. “Di Indonesia, sarana pengumpulan tali pusar ini telah ada di RS Lippo Karawaci serta RS Mitra Keluarga,” kata dr. Narayana.

Sumber transplantasi stem cell :

  1. Anggota keluarga yang pas atau donor yang tak ada jalinan keluarga
  2. Kembar identik
  3. Stem cell pasien sendiri yang telah disimpan sebelumnya

Selanjutnya di Indonesia..

“Dalam dunia medis, terlebih dalam dunia penyembuhan, Indonesia ada diatas rata-rata standard internasional” ungkap dr. Narayana. Oleh karenanya Indonesia dengan diprakarsai oleh PT Kalbe Farma, Tbk bekerja bersama dengan Fraunhofer Indonesia serta sebagian Kampus di Indonesia membangun grup riset stem cell (ABG) atas support dari Pemerintah lewat Menristek.

Fraunhofer adalah organisasi non-profit dari Jerman yang beroperasi di sektor penelitian serta mempunyai 13. 000 peneliti yang terdiri atas 500 profesor serta kurang lebih 5. 000-6. 000 doktor. Fraunhofer mempunyai konsentrasi paling utama dalam membuat jaringan (networking) diantara peneliti serta institut berkenaan untuk setelah itu temukan usaha baru yang mendukung riset.

“Fraunhofer telah memiliki paten dalam kultur stem cell serta therapy sel, hingga dalam riset stem cell di Indonesia ini bertindak juga sebagai partner” terang dr Narayana.

ABG (Akademisi, Usaha & Government) adalah grup riset stem cell yang terbagi dalam akademisi seperti Kampus Indonesia, Institut Pertanian Bogor, Kampus Atmajaya ; Usaha yakni PT Kalbe Farma, Tbk ; Government seperti Instansi Pengetahuan Pengetahuan Indonesia (LIPI), Tubuh Riset serta Pengkajian Tehnologi (BPPT). “Maksud didirikannya ABG yaitu terwujudnya satu koordinasi serta hubungan kerja terpusat dalam lakukan riset stem cell di Indonesia, hingga tidak dikerjakan sendiri-sendiri serta akhirnya bisa digunakan lebih optimal” kata dr. Boenjamin.

Kampus terdiri atas beberapa pendidik serta peneliti dengan harapan hasil riset bisa di nikmati oleh orang-orang. ? Cost penelitian bisa di dukung oleh Industri di mana hasil riset itu bukan sekedar dipakai juga sebagai komoditi namun juga hingga ke orang-orang,? tutur Prof. dr. Farid. Riset perihal stem cell didunia dipelopori oleh Korea, UK, Amerika serta Jerman.

Tiga unsur ini (akademisi, usaha, government) dikumpulkan untuk menyingkirkan stereotip yang telah terbentuk di orang-orang. Stereotip kelompok industri yang cuma mencari keuntungan, stereotip akademisi yang cuma tahu teori namun kurang dalam soal praktik serta stereotip Pemerintah yang menyulitkan riset dengan birokrasi yang rumit serta pemberian biaya yang kurang mencukupi. Dalam soal ini, diinginkan peran Pemerintah juga sebagai katalisator riset stem cell di Indonesia serta bidang Industri diinginkan bekerja bersama menolong membiayai riset ini bahkan juga memberi insentif hingga hasil penelitiannya bisa di nikmati oleh orang-orang Indonesia. Juga sebagai perbandingan, negara di Asia yang lain bahkan juga memberi insentif yang cukup tinggi pada dokter yang lakukan riset.

Harapan Baru Dunia Penyembuhan

Pada manusia, stem cell biasanya bersembunyi di ruang kurang oksigen pada sumsum tulang. Stem cell bakal keluar ketika badan alami luka serta menuju daerah yang cedera itu. Umpamanya, ke sel otak saat pasien alami stroke, ke sel darah merah disebabkan leukimia nampak, dan sebagainya. Tetapi, stem cell tidak dapat membantu saat stroke, leukimia atau penyakit yang lain yang telah berubah menjadi kronis.

Stem cell ini adalah harapan baru untuk menyembuhkan penyakit-penyakit yang susah sembuh. Penyembuhan dengan stem cell ini dimaksud juga transplantasi seluler. Stem cell bisa dispesialisasi jadi beberapa sel saraf di otak, beberapa sel otot jantung, sumsum tulang belakang, serta beberapa sel badan yang lain. ? Stem cell dikultur umpamanya jadi beberapa sel jantung lantas beberapa sel jantung baru itu dikendalikan terlebih dulu baru lalu dimasukkan melalui kateter ke jantung,? tutur dr. Bambang.

Stem cell ini sudah dapat dibuktikan sukses menyembuhkan penyakit multiple myeloma, chronic lymphatic leukemia, thallasemia mayor, infark miokard jantung, stroke, alzheimer, dan sebagainya. Penelitian stem cell di Indonesia membidik dapat membuahkan stem cell untuk penyakit stroke 3-5 th. yang akan datang. Sekarang ini telah di kembangkan animal jenis untuk penyakit stoke.

Demikian ulasan mengenai terapi stem cell, semoga ulasan singkat ini bisa bermanfaat.

Terapi Stem Cell di Indonesia | Koko Wijanarko | 4.5

Berita Lainnya

error: Exclusive only on Terapimuslim.com !!
Visit Koko Wijanarko at Ping.sg Health Blogs
Health top blog sites
top blog sites Top  blogs