Pengobatan ISPA dengan Obat ISPA Alami

Share:

Pengobatan ISPA yang direkomendasikan menggunakan obat ISPA yang bersifat alami dan tanpa efek samping. Sebelum itu mari kita pahami dulu apa itu ISPA, gejala dan penyebabnya. Infeksi saluran pernafasan akut (ISPA) adalah infeksi serius yang menghambat fungsi pernapasan. Biasanya ditandai dengan infeksi virus di hidung, trakea (tenggorokan), atau paru-paru. Jika infeksi ini tidak segera diobati, maka dapat menyebar ke seluruh sistem pernapasan.

pengobatan ispa pada anak dan orang dewasa

Infeksi saluran pernafasan akut (ISPA) mengakibatkan tubuh untuk mendapatkan oksigen dan bisa mengakibatkan kematian. Jika Anda merasa bahwa Anda atau orang lain mungkin mengalami kondisi ini, segera hubungi ahli kesehatan Anda. Terlebih infeksi saluran pernafasan akut (ISPA) dapat menular, yang berarti mereka dapat menyebar dari satu orang ke orang lain.

Penyakit ini cukup luas. Hal ini sangat berbahaya bagi anak-anak, orang dewasa, dan orang-orang dengan gangguan sistem kekebalan tubuh rendah. Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), infeksi saluran pernafasan akut (ISPA) membunuh diperkirakan 2,6 juta anak-anak setiap tahunnya di seluruh dunia. (WHO)

Apa Saja Gejala ISPA ?

Gejala awal infeksi saluran pernapasan akut biasanya muncul di hidung dan paru-paru bagian atas. Gejala lain termasuk :

  • hidung mampet, baik di dalam sinus hidung atau paru-paru
  • ingusan
  • batuk
  • sakit tenggorokan
  • nyeri pada tubuh
  • kelelahan

Jika penyakit ISPA sudah parah, mungkin ada demam tinggi dan menggigil. Gejala serius lainnya adalah :

  • kesulitan bernapas
  • pusing
  • tingkat oksigen darah yang rendah
  • kehilangan kesadaran

Apa Penyebab ISPA ?

Meskipun beberapa penyebab kondisi masih belum diketahui, namun ada beberapa telah diidentifikasi :

Adenovirus

Adenovirus adalah kelas mikroorganisme yang dapat menyebabkan infeksi saluran pernapasan akut. Adenovirus terdiri dari lebih dari 50 jenis virus diketahui menyebabkan pilek, bronkitis, dan pneumonia.

Pneumococcus

Pneumokokus adalah jenis bakteri yang menyebabkan meningitis. Namun, hal itu juga bisa memicu penyakit pernapasan tertentu seperti pneumonia.

Rhinoviruses

Rhinoviruses adalah sumber dari flu biasa, yang dalam banyak kasus tidak terlalu berbahaya. Namun, pada orang-orang yang sangat muda, tua, dan dengan sistem kekebalan tubuh lemah, kondisi dingin dapat meningkat menjadi saluran pernapasan akut.

Bagaimana ISPA Didiagnosis ?

Dalam pemeriksaan pernapasan, dokter berfokus pada pernapasan pasien. Bunyi napas di paru-paru diperiksa cairan dan peradangan. Dokter mungkin mengintip ke hidung dan memeriksa tenggorokan. Jika tertangkap awal, over-the -counter obat dapat membantu meringankan gejala sementara virus berjalan saja. Namun, jika infeksi maju, X – ray atau CT scan (tomografi komputer) mungkin diperlukan untuk memeriksa kondisi paru-paru.

Tes fungsi paru-paru telah terbukti berguna sebagai alat diagnostik dan untuk tujuan prognosis. Pulse oximetry, juga dikenal sebagai pulse ox, dapat digunakan untuk memeriksa berapa banyak oksigen masuk ke paru-paru. Seorang dokter juga mungkin perlu sputum (bahan batuk dari paru-paru) sampel untuk memeriksa jenis virus yang menyebabkan penyakit.

Siapa yang Berisiko terkena ISPA ?

Meskipun hampir tidak mungkin untuk menghindari virus dan bakteri di lingkungan, faktor-faktor risiko tertentu meningkatkan kemungkinan mengembangkan infeksi saluran pernapasan akut. Sistem kekebalan tubuh anak-anak dan orang tua lebih rentan akan terpengaruh oleh virus. Anak-anak sangat beresiko karena kontak konstan dengan anak-anak lain yang bisa menjadi pembawa virus. Anak-anak sering tidak mencuci tangan mereka secara teratur, menggosok mata mereka, dan menempatkan jari-jari mereka di mulut mereka, sehingga penyebaran virus.

Orang dengan penyakit jantung atau masalah paru-paru lainnya lebih mungkin untuk kontrak infeksi saluran pernapasan akut. Siapapun yang sistem kekebalan tubuh mungkin dilemahkan oleh penyakit lain yang berisiko. Perokok juga berisiko tinggi dan memiliki lebih banyak kesulitan pulih dari itu.

Bagaimana Pengobatan ISPA?

Jika anda pergi ke dokter pengobatan yang diberikan adalah dengan antibiotik. Namun kita sudah pernah membahas bahwa antibiotik “mengatasi masalah dengan menimbulkan masaah” jadi apa yang bisa direkomendasikan adalah dengan herba yang cocok. Salah satunya adalah Green Palapa (ekstrak zat hijau daun yang memiliki kandungan antioksidan tinggi, meningkatkan imunitas dan anti toksin).

Apakah Potensi Komplikasi ISPA ?

Komplikasi infeksi saluran pernafasan akut (ISPA) sangat serius dan dapat mengakibatkan kerusakan permanen dan bahkan kematian. Mereka termasuk :

  • pernapasan
  • gagal napas
  • gagal jantung kongestif

Mencegah ISPA

Kebanyakan penyebab infeksi saluran pernapasan akut yang tidak diobati. Oleh karena itu, pencegahan adalah metode terbaik untuk menangkal infeksi pernafasan yang berbahaya. Praktik kebersihan yang baik dengan melakukan hal berikut :

  1. Cuci tangan Anda sering, terutama setelah Anda sudah berada di tempat umum.
  2. Selalu bersin ke lengan baju atau saputangan. Meskipun hal ini mungkin tidak mengurangi gejala Anda sendiri, itu akan mencegah Anda dari penyebaran penyakit menular.
  3. Hindari menyentuh wajah Anda sebelum cuci tangan, terutama mata dan mulut, untuk mencegah memperkenalkan kuman ke dalam sistem Anda.

Anda harus menghindari merokok dan pastikan Anda menyertakan banyak vitamin dalam pola makan Anda, seperti vitamin C, yang membantu meningkatkan sistem kekebalan Anda.

Referensi :
– Acute Respiratory Infections. (n.d.). World Health Organization. Retrieved March 31, 2012, from http://www.whocvv.int/vaccine_research/diseases/ari/en/index.html
– Adenovirus – Overview. (n.d.). Centers for Disease Control and Prevention. Retrieved March 31, 2012, from http://www.cdc.gov/adenovirus/about/overview.html
– Bronchitis. (n.d.). PubMed Health. Retrieved March 31, 2012, from http://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmedhealth/PMH0002078/
– Pneumococcal Vaccines. (n.d.). World Health Organization. Retrieved March 31, 2012, from http://who.int/vaccines/en/pneumococcus.shtml

Pengobatan ISPA dengan Obat ISPA Alami | Koko Wijanarko | 4.5

Berita Lainnya

error: Exclusive only on Terapimuslim.com !!
Visit Koko Wijanarko at Ping.sg Health Blogs
Health top blog sites
top blog sites Top  blogs