Panduan O7W ( OCD 7-Minute Workout)

Share:

O7W (OCD 7-minute workout) adalah latihan yang dilakukan dalam waktu 7 menit untuk membakar lemak dengan cepat dan meningkatkan metabolisme tubuh yang di populerkan oleh Deddy Corbuzier.

Sebenarnya o7w bukan hal yang diciptakan oleh Deddy Corbuzier. latihan ini sebenarnya diciptakan oleh seorang ahli fitness Chris Jordan.

Chris Jordan adalah Direktur Exercise Physiology at the Human Performance Institute yang merancang dan menerapkan komponen gerakan / latihan Corporate Athlete Course, termasuk dikenal luas 7-MINUTE WORKOUT, dan bertanggung jawab untuk pengembangan dan pelaksanaan semua perusahaan kebugaran pemrograman di institus tersebut.

Sebelum kita belajar bagaimana cara melakukan o7w, mari kita bahas / analisa kenapa 7-minute workout ini harus jadi pilihan.

Latihan ini merupakan salah satu jenis latihan high-intensity circuit training (HICT). Dimana suatu latihan fisik yang minim istirahat dan banyak gerakan. Latihan HICT ini sudah lama dikembangkan para ahli sebagai solusi pembakaran lemak yang cepat dan meningkatkan metabolisme tubuh.

Latihan 7-minute workout ini sangat populer di dunia dikarenakan waktu yang sangat singkat dengan pembakaran lemak yang sangat cepat.

Bagi perempuan yang ingin memiliki bokong yang besar bisa mencoba latikan o7w ini dirumah. Selain untuk menjaga bentuk tubuh bagi wanita juga dapat meningkatkan kebugaran dan melancarkan jaringan kardiovaskular.

Kenapa Harus O7W?

Berikut ini alasan kenapa o7w ini bisa jadi pilihan anda untuk dijadikan rutinitas olahraga sehari-hari.

  1. Fokus latihan ditargetkan pada seluruh anggota tubuh. Latihan ini dibuat untuk memberikan beban dan latihan pada seluruh bagian otot tubuh. Berbeda saat kita melakukan cardio dimana biasanya hanya memfokuskan pada salah satu atau beberapa bagian tubuh saja. Sehingga proses kebugaran dan melancarkan darah bisa seimbang dan cepat.
  2. Siklus latihan memungkinkan saat bagian otot yang satu bergerak, bagian yang lain bisa istirahant. Sehingga latihan ini merupakan salah satu alasan pembakaran lemak yang cepat. 7-minute workout pada gerakan pertama sangat cepat membuat jantung berdetak (seperti jumping jack), selanjutnya gerakan kedua jantung diajak istirahat namun otot tetap bekerja (seperti wall sit). Gerakan berikutnya kembali jantung diajak bekerja lagi dan gerakan masih tetap berlanjut. Maka dapat diambil gambaran saat otot terus bekerja/latihan namun jantung bisa diistirahatkan pada selang tiap gerakan.
  3. Latihan ini memiliki banyak bagian otot yang bekerja setiap gerakan. Jika kita angkat beban maka otot yang paling bekerja ada pada bagian lengan. Namun latihan yang ada pada o7w ini dalam satu gerakan membutuhkan banyak bagian tubuh. Sebagai misal pushup, dimana bagian yang dibuthkan bukan hanya semua otot tangan namun juga paha dan perut untuk menahan beban tubuh.
  4. Minim waktu istirahat adalah salah satu kunci latihan o7w ini. Metode ini untuk memacu metabolisme dan kardiovaskular dengan cepat sehingga tubuh tidak ada waktu untuk melakukan istirahat.
  5. Hanya dilakukan 7 menit saja. Sebenarnya latihan ini akan sangat…sangat…sangat…cepat membuahkan hasil jika bisa melakukan siklusnya dalam 20 menit. Namun jangankan 20 menit, banyak yang tidak mampu melakukannya dalam 7 menit saja. Jika kita bisa melakukan 100% dalam 7 menit saja itu sudah sangat hebat. Hasilnya benar-benar akan bisa kita rasakan dalam beberapa hari saja. Bisa cek berat badan Anda jika tidak percaya.

Karena latihan ini sangat membutuhkan jantung yang kuat, tidak dianjurkan untuk penderita penyait jantung dan tekanan darah tinggi.

Panduan Melakukan O7W (OCD 7-Minute Workout)

Berikut ini adalah sesi latihan o7w (ocd 7-minute workout).

Lakukan latihan ini sebagai 1 rangkaian, lakukan 9 sampai 12 latihan di bawah ini selama 30 detik masing-masing dan jeda istirahat 10 detik. Jika anda benar-benar ingin membakar kalori secara cepat lakukan 2 hingga 3 set. Lakukan tiga kali seminggu, pada hari-hari berurutan, untuk hasil terbaik.

panduan ocd 7 minutes workout (o7w)

1 Set O7W

00:00 – 00:30 = JUMPING JACK
00:40 – 01:10 = WALL SIT
01:20 – 01:50 = PUSH-UPS
02:00 – 02:30 = SIT-UP
02:40 – 03:10 = CHAIR STEP-UPS
03:20 – 03:50 = SQUAT
04:00 – 04:30 = TRICEPS DIPS ON A CHAIR
04:40 – 05:10 = PLANK
05:20 – 05:50 = HIGH KNEES
06:00 – 06:30 = LUNGES
06:40 – 07:10 = PUSH-UPS DENGAN ROTASI
07:20 – 07:50 = SIDE PLANKS

Panjang Workout akan bervariasi 9-12 latihan dalam 6 sampai 8 menit.

Video 7-Minute Workout

Berikut ini video bagaimana cara melakukan o7w yang tepat dan sempurna didampingi oleh para ahli kebugaran Adam Michael Brewer dan Obi Obadike. Pada video ini kalian bisa mempelajari bagaimana cara melakukan tiap gerakan dengan benar dan tips yang bisa dilakukan.

Selanjutnya pada video dibawah ini berfungsi sebagai panduan dalam melakukan prakteknya. Video ini memandu kita dalam melakukan O7W secara realtime. Sehingga kita tidak perlu melihat jam dan mengingat-ingat gaerakan apa berikutnya. Video ini dilengkapi background musik yang asyik didengarkan dan suara pemandu yang menuntun timing agar pas. OK silakan di tonton, atau bisa juga di download DISINI.

OK demikian pembahasan mengenai panduan dan analisa O7W, semoga manfaat!

Panduan O7W ( OCD 7-Minute Workout) | Koko Wijanarko | 4.5

Berita Lainnya

error: Exclusive only on Terapimuslim.com !!
Visit Koko Wijanarko at Ping.sg Health Blogs
Health top blog sites
top blog sites Top  blogs