Manfaat Madu bagi Kesehatan Tubuh Manusia

Share:

Madu memiliki banyak sekali manfaat bagi kesehatan tubuh manusia. Allah berfirman, “Dari perut lebah itu keluar minuman (madu) yang bermacam-macam warnanya, di dalamnya terdapat obat yang menyembuhkan bagi manusia. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda (kebesaran Tuhan) bagi orang-orang yang memikirkan”  (An Nahl : 69).

Janji Allah pasti benar, dan Allah tidak akan menyalahi janji. Lalu, masih ragu akan khasiat madu?

Mengenali Ciri Madu yang Asli

Salah kaprah yang sudah menjamur dikalangan umum. Bila cara ini digunakan maka hasilnya akan terbalik. Madu yang asalnya asli, bisa berubah menjadi palsu dengan metode ini. Begitu pula sebaliknya.

Berikut kami sertakan bantahan-bantahan pakar madu dari dalam dan luar negri.

1. Berkaitan dengan pembekuan

Bila madu dimasukkan kedalam freezer, maka madu akan mengkristal/membeku. Hal yang demikian salah. Karena ada sebagian madu asli yang membeku jika dimasukkan ke dalam freezer. Pengkristalan madu dapat disebabkan kandungan glukosanya yang lebih tinggi dari fruktosanya. Jadi tidak semua madu yang mengkristal itu palsu. Bahkan ada madu palsu yang dimasukkan kedalam freezer, tetapi tetap mencair. Ini bisa terjadi dikarenakan ada campuran kimia anti beku didalamnya. Padahal madu asli saja apabila dimasukkan ke dalam freezer, masih dapat membeku namun bekunya tidak keras seperti bekunya air. Namun walaupun sama-sama mengkristal, tapi tetap saja masih dapat dibedakan mana yang asli dan palsu. Yakni, pada madu yang palsu kristalnya berwarna putih seperti susu. Sedangkan pada madu yang asli, kristalnya berwarna cream atau kekuning-kuningan.

2. Berkaitan dengan madu dan semut

Diantara anggapan yang salah juga, bahwasanya, apabila madu dikerubungi oleh semut, pertanda madu tersebut palsu. Padahal semut sangat suka dengan madu, salah satu buktinya, bahwa pada sarang madu ternak, bila tiang bawahnya tidak diolesi dengan minyak, maka semut akan naik dan memakan madu yang ada pada sarang lebah tersebut. Bahkan anak lebahnya pula dapat dimakan oleh semut.

3. Berkaitan dengan kertas

Anggapan yang salah pula, apabila madu diteteskan diatas kertas koran, maka madu tersebut, tidak tembus kebawahnya. Pendapat ini juga salah. Karena tembus tidak nya madu di kertas koran bukanlah ditentukan dari asli atau tidaknya madu tersebut. Tetapi tergantung dari kadar airnya. Madu asli dari riau ini yang kadar airnya mencapai 22-26% tentu saja akan tembus di kertas koran . Sedangkan madu palsu dari gula pasir yang dibuat agak kental dengan kadar air 17-20% tentu akan lebih lama tembusnya di kertas koran. Jika seperti ini pedomannya, maka madu yang asli akan dibilang palsu. Dan madu palsu akan dibilang asli.

Kesemuanya itu dapat anda lihat dan anda dapatkan di buku ”LEBAH MADU Penawar Penyakit Zahir dan Bathin” karangan Ahmed lathiff MD Firdaus hal 37-38 terbitan Malaysia.

Penggunaan Madu

Orang Mesir, Romawi, dan Yunani kuno menggunakan madu untuk kue, minuman, dan bumbu kue serta daging. Madu mengikat molekul air sehingga kue tak mengering dan mengeras bila dipanggang. Cairan ini juga digunakan dalam berbagai es krim dan puding. Di Eropa ada sistem pengobatan dengan menggunakan lebah dan madunya. Sistem pengobatan itu dinamakan apistheraphy.

Manfaat Madu bagi Kesehatan

Madu juga sering digunakan untuk menyembuhkan sakit tenggorokan dan antiradang. Di samping itu, madu juga berkhasiat menyegarkan badan, menghilangkan lesu, letih, lelah, loyo, dan lemah. Para peneliti yakin, madu dapat digunakan untuk menyembuhkan berbagai luka termasuk luka bakar, bisul-bisul dan luka setelah operasi. Khasiat ini didapatkan dari kandungan hydrogen peroxide yang dapat membunuh kuman dan mencegah bakteri lain berkembang. Fakta ilmiah ini telah dibenarkan oleh para ilmuwan yang bertemu pada Konferensi Apikultur Sedunia (World Apiculture Conference) pada tanggal 20-26 September 1993 di Cina.

Kandungan dalam Madu

Berdasarkan uji LAB madu tersusun atas : air, karbohidrat, protein, vitamin, mineral, enzim, serta beberapa jenis hormon dan unsur-unsur lainnya termasuk asam organik, asam amino, antioksidan dan antibiotik yang komposisinya berubah-ubah sesuai dengan jenis dan kualitas nektar atau sari bunga yang dihisap lebah.

Karbohidrat madu termasuk tipe karbohidrat sederhana yang utamanya terdiri dari 38,5% fruktosa dan 31% glukosa. Sisanya 12,9% karbohidrat yang terbuat dari maltose, sukrosa dan gula lain.

Kandungan asam organik dalam madu antara lain : asam glikolat, asam format, asam laktat, asam sitrat, asam asetat, asam oksalat, asam malat, dan asam tartarat. Dari beberapa asam tersebut sangat bermanfaat bagi kesehatan yakni berguna bagi metabolisme tubuh, diantaranya asam oksalat, asam tartarat, asam laktat, dan asam malat. Bahkan dalam asam laktat terdapat kandungan zat laktobasilin yang dapat menghambat pertumbuhan sel kanker dan tumor. Asam amino bebas madu mampu membantu penyembuhan penyakit, juga sebagai bahan pembentukan neurotransmitter atau senyawa yang berperan dalam mengoptimalkan fungsi otak.

Vitamin yang ada dalam madu di antaranya : Vitamin B2 (Riboflavin), B5 (asam pantotenat), B6 (Piridoksin), vitamin A, vit C, vit K, dan betakaroten. Vitamin A berperan penting bagi pertumbuhan, perkembangan, dan mempertahankan kesehatan tubuh dan mata. Juga berkaitan dengan hormon adrenalin dan hormon teroid serta mengatur bekerjanya sel-sel saraf. B2 (Riboflavin) berfungsi membantu pertumbuhan dan reproduksi. Kekurangan riboflavin mengakibatkan bibir pecah-pecah, iritasi pada lidah, mata terasa gatal, dan seringkali terjadi katarak. B5 (Pantotenat) berperan dalam produksi hormon adrenalin dan sel-sel darah merah. B6 (Piridoksin) berperan penting sebagai benteng pertahanan keseimbangan hormon dan mengatur fungsi kekebalan. Vit C (berguna sebagai suplemen) sangat berguna bagi penyembuhan luka, antioksidan serta kekebalan.

Kandungan mineral yang ada dalam madu tergantung dari mana nektar (cairan yang dikeluarkan tumbuhan) atau sari bunga yang dihisapnya. Kandungan mineral seperti zat besi, tembaga dan mangan akan menjadikan madu berwarna gelap, sementara zat besi erat hubungannya dengan pewarnaan darah (hemoglobin). Beberapa kandungan mineral dalam madu adalah : Belerang (S), Kalsium (Ca), Tembaga (Cu), Mangan (Mn), Besi (Fe), Fosfor (P), Klor (Cl), Kalium (K), Magnesium (Mg), Yodium (I), Seng (Zn), Silikon (Si), Natrium (Na), Molibdenum (Mo) dan Alumunium (Al).

Tembaga sangat penting bagi manusia berkaitan dengan hemoglobin, dan kekurangan zat tersebut menyebabkan berkurangnya ketahanan tubuh, dan memicu meningkatkan kadar kolesterol. Mangan berfungsi sebagai antioksidan, dan berpengaruh besar dalam pengontrolan gula darah serta mengatur hormon teroid. Magnesium memegang peran penting dalam mengaktifkan fungsi replikasi sel, protein dan energi. Yodium berguna bagi pertumbuhan dan membantu dalam pembakaran kelebihan lemak pada tubuh. Jika kekurangan seng biasanya kesehatan menurun, mudah terjadi infeksi dan sering terjadi gangguan kulit seperti jerawat, dll. Adapun kegunaan kalsium dan fosfor sangat berguna bagi pertumbuhan tulang dan gigi. Besi membantu proses pembentukan sel darah merah. Magnesium, fosfor dan belerang berkaitan dengan metabolisme tubuh. Molibdenum berguna untuk pencegahan anemia dan penawar racun.

Seorang ilmuwan dari Universitas Illinois di Urbana, Amerika Serikat, menulis dalam Journal of Apicultural Research bahwa : khasiat masing-masing madu bisa saja berbeda, namun semua jenis madu pasti mengandung antioksidan. Secara lebih rinci Prof. DR. H. Muhilal, pakar gizi dari pusat Penelitian dan Pengembangan Gizi Bogor, menguraikan tentang kandungan gizi madu. Selain asam organik, dalam madu juga terdapat kandungan asam amino yang berkaitan dalam pembuatan protein tubuh (asam amino nonesensial). Selain asam amino nonesensial ada juga asam amino esensial diantaranya : Lysin, Histadin, Triptofan, dll.

Manfaat Madu bagi Kesehatan Tubuh

Ikatan Terapis Bekam Indonesia (ITBI) menyebutkan; Selain lezat, madu memiliki banyak kandungan vitamin dan mineral, serta dikenal sejak jaman dahulu kala sebagai obat mujarab untuk mengatasi berbagai keluhan penyakit, baik penyakit dalam maupun luar.

Madu dapat meningkatkan penyerapan kalsium; meningkatkan jumlah hemoglobin dan mencegah/mengobati anemia yang disebabkan oleh faktor-faktor nutrisi; apabila dicampur dengan cuka apel dapat mengobati rematik; menyembuhkan flu dan segala macam penyakit infeksi pernafasan; menyembuhkan penyakit usus; bekerja sebagai pencahar alami; memperlancar pencernaan; mengurangi alergi dan obesitas; menyediakan banyak vitamin dan mineral; dan menyediakan energi instan seperti gula namun lebih aman untuk penderita diabetes.

Apakah sudah selesai? Belum. Madu juga dapat mengobati insomnia dengan cara mengkonsumsinya sebanyak satu atau dua sendok makan setiap malam. Sebagai antiseptik, madu berguna untuk menarik racun atau bisa dari gigitan atau sengatan hewan.

Dibawah ini adalah cara-cara penggunaan madu untuk penyembuhan dan pengobatan:

DIABETES – Ada suatu pandangan yang keliru ditengah masyarakat bahwa madu dapat meningkatkan kadar gula pada darah pada penderita diabetes. Pendapat tersebut sama sekali tidak mendasar. Hal yang sebenarnya menunjukan bahwa madu lebah mengandung sugar fruktose (gula buah buahan) yang tidak saja berubah menjadi gula tetapi bahkan menjadi vitamin, enzim, hormon, mineral dan garam pada madu lebah yang menjadi zat activator dan immunator yang dapat meningkatkan perlawanan tubuh terhadap penyakit diabetes

Madu juga dapat mengobati impotensi bagi penderita diabetes karena dalam madu terkandung mineral seperti kalsium, magnesium, brillium, arium, yang mempunyai peranan penting dan vital dalam mempengaruhi hormon insulin sehingga kandungan mineral tersebut memiliki peranan besar pada proses pengobatan penyakit diabetes

LUKA BAKAR – Oleskan madu secara merata pada luka bakar. Madu dapat mendinginkan dan mengurangi nyeri serta menyembuhkan luka dengan cepat tanpa meninggalkan bekas luka. Cara ini aman, karena bakteri tidak bisa hidup dalam madu.

INSOMNIA – Satu atau dua sendok teh madu tiap malam akan membantu anda terlelap. Lebih ampuh lagi kalau dicampurkan dalam segelas susu hangat.

HIPERAKTIF – Ganti semua gula pasir anda dengan madu. Gula pasir memiliki kemampuan stimulasi yang tinggi, padahal nutrisinya rendah. Sebaliknya madu mampu menyediakan energi melimpah tanpa membuat anak jadi hiperaktif.

HIDUNG MAMPET – Taruh satu sendok makan madu dalam baskom berisi air panas, lalu hirup uapnya setelah anda menutup kepala anda dengan handuk diatas baskom. Sangat manjur!

LELAH – Encerkan satu sendok makan madu dengan air hangat lalu diminum. Madu memiliki kandungan utama berupa fruktosa dan glukosa, jadi sangat mudah diserap tubuh. Atlet Yunani kuno selalu mengkonsumsi madu sebelum pertandingan untuk menambah stamina dan setelah pertandingan untuk mendinginkan tubuh.

MASKER WAJAH – Campurkan madu dengan oatmeal (atau tanpa oatmeal) dalam takaran yang sama, kemudian gunakan sebagai masker. Biarkan selama setengah jam lalu bersihkan wajah anda. Madu adalah pembersih wajah yang ampuh untuk menghilangkan jerawat dan noda di wajah.

GANGGUAN PENCERNAAN – Campurkan madu dengan cuka apel lalu ditambah lagi dengan air. Selain memperlancar pencernaan, ramuan ini juga baik untuk persendian dan penurunan berat badan.

HAIR CONDITIONER – Oleskan campuran madu dan minyak zaitun pada rambut anda, lalu tutup kepala anda dengan handuk hangat selama setengah hingga satu jam. Kemudian dibilas. Madu dapat memberi nutrisi yang diperlukan rambut dan kulit kepala.

SAKIT TENGGOROKAN – Biarkan satu sendok teh madu mengalir lambat di tenggorokan anda. Madu berfungsi untuk mengurangi peradangan.

STRES – Perpaduan madu dan air adalah stabilizer alami yang luar biasa bagi tubuh kita, karena campuran tersebut memiliki efek menenangkan. Agar lebih efektif, gunakan perbandingan antara madu dan air sebanyak 1:4.

ANEMIA – Madu adalah “makanan” yang paling bagus untuk darah. Semakin gelap warna madu, semakin banyak pula kandungan mineralnya.

PENGAWET MAKANAN– Jika anda mengganti gula pada resep kue dan cookies anda, maka kue dan cookies tersebut akan lebih tahan lama, karena madu bersifat anti-bakteri.

BOTOL BAYI – Empat sendok teh madu yang dilarutkan bersama air dan dimasukkan ke dalam botol bayi akan memberikan efek tenang pada bayi sekaligus menambah asupan multivitamin si bayi. (Perhatian: hanya untuk bayi diatas usia satu tahun). Bagi bayi yang baru tumbuh gigi, mengoleskan madu pada gusi mereka akan membantu mengurangi rasa sakit karena tumbuhnya gigi.

OSTEOPOROSIS – Penelitian menunjukkan bahwa dengan mengkonsumsi satu sendok teh madu per hari dapat mencegah osteoporosis. Sangat dianjurkan untuk anda yang sudah berusia kepala lima.

PANJANG UMUR – Orang-orang dengan usia tertua di dunia pada umumnya adalah mereka yang rutin mengkonsumsi madu. Ada satu lagi fakta menarik, yaitu para peternak lebah (yang otomatis juga rajin mengkonsumsi madu ) ternyata lebih sedikit berisiko terserang kanker dan rematik dibandingkan dengan pekerjaan manapun di dunia.

MIGREN – Saat migren baru menyerang, minumlah campuran satu sendok makan madu dengan setengah gelas air hangat. Jika dirasa perlu, ulangi 20 menit kemudian.

IRITASI MATA – Larutkan madu dengan air hangat dalam takaran yang sama. Setelah dingin, cuci mata anda yang terkena iritasi dengan larutan tersebut.

OBAT BATUK – Campur 170 gram madu, 55 gram gliserin dan air perasan dari dua buah jeruk lemon. Aduk rata dan simpan dalam botol yang tertutup rapat. Dapat diminum sewaktu-waktu sebagai obat batuk.

SAKIT MAAG – adalah penyakit pencernaan, dikarenakan oleh obat obat kimia, stres, asam lambung tinggi, kurang buah dan sayur atau dapat juga bisa karena hal lainnya. Madu adalah obat yang paling baik untuk pencernaan, dengan cara meminum madu ditambah jeruk nipis yang dikasih air hangat, amalkan setiap bangun tidur siang dan malam sebelum makan .

Muntah dan mual saat hamil – Baru baru ini ada beberapa ahli yang menggunakan tehnik suntikan dengan menggunakan madu dengan kadar kepekatan 40% dan berhasil menunjukan kesembuhan .
Cara lain yaitu dengan minum madu yang dicampur air dan dikocok kocok (digoncang) dengan 300 kali goncangan, akan memudahkan meresap kedalam tubuh sehingga muntah dan mual akan dapat teratasi

KANKER RAHIM – Penyakit ini dapat terjadi kepada wanita yang haidnya tak lancar, dan faktor pembalut yang menggunakan berbagai zat kimia yang merusak rahim, untuk itu dapat dicegah penyebarannya dengan pola hidup sehat dan minum madu yaitu mencampurkan 2 sendok besar madu dengan tepung jintan hitam aduk sampai rata diminum setiap 6 jam sekali kurang lebih 2 tahun dengan izin Allah.

MELANCARKAN ASI – Penelitian di Jepang membuktikan bahwa madu yang murni dapat memperlancar keluarnya ASI, ia juga dapat menambah zat anti kuman didalam kandungan ASI dan menambah daya tahan pada bayi yang digunakan untuk menghadapi berbagai macam penyakit. Oleh karena itu ibu yang sedang menyusui bayinya sangat dianjurkan untuk meminum madu 6-10 sendok setiap harinya

HUBUNGAN PASUTRI – minum masing-masing 1 sendok madu asli 1/2 – 1 jam sebelum berhubungan dan memahami adab dalam berjimak.

Referensi : ulasan Ust Faridl Ahmad

Manfaat Madu bagi Kesehatan Tubuh Manusia | Fitriyah Retno | 4.5

Berita Lainnya

error: Exclusive only on Terapimuslim.com !!
Visit Koko Wijanarko at Ping.sg Health Blogs
Health top blog sites
top blog sites Top  blogs