10 Makanan Penurun Kolesterol Terbaik

Share:

Kolesterol dapat dengan mudah diturunkan dengan makanan-makanan dibawah ini. Apa itu kolesterol? Kolesterol adalah lipid steroid (lemak) ditemukan dalam darah dan diperlukan untuk kerja membran sel. Tubuh kita sebenarnya sudah memproduksi semua kolesterol yang kita butuhkan, sehingga tidak perlu mengkonsumsi lebih banyak. Tingginya kadar kolesterol telah terbukti meningkatkan risiko penyakit jantung dan stroke. Makanan yang dapat menurunkan kolesterol wajib masuk dalam daftar menu sehari-hari.

Persentase di mana makanan ini menurunkan kolesterol mencerminkan orang-orang yang memiliki tingkat kolesterol yang lebih besar dari 200 mg / dL, dan telah didiagnosis dengan hiperkolesterolemia. Pola makan, gaya hidup, dan jenis makanan akan bekerja berbeda untuk orang yang berbeda. Sehingga dianjurkan agar Anda membeli Kolesterol Test Kit, sehingga Anda dapat memonitor kadar kolesterol Anda di rumah dan melihat yang mana diet dan gaya hidup yang terbaik bagi Anda. Di bawah ini adalah daftar makanan yang menurunkan kolesterol “jahat” LDL, namun tidak mempengaruhi kolesterol HDL yang baik.

10 Makanan Terbaik Penurun Kolesterol

10 makanan penurun kolesterol terbaik

10 makanan penurun kolesterol terbaik

1. Lemak tak jenuh tunggal dan tak jenuh ganda Lemak (Minyak Zaitun, Canola Oil, Minyak Kacang, Kacang, Zaitun, Alpokat)

zaitun hijauKolesterol Pengurangan : 18%

Mengganti lemak jenuh hewani dan makanan berkolesterol tinggi lainnya dengan lemak sehat seperti minyak zaitun, minyak canola, minyak kacang, dan alpukat adalah hal yang paling baik yang dapat dilakukan untuk mencapai pengurangan drastis dalam kolesterol LDL Anda. Secara khusus diet tinggi zaitun dan minyak bunga matahari, mengandung 12,9% lemak jenuh, 15,1% lemak tak jenuh tunggal, dan 7,9% lemak tak jenuh ganda. Sehingga dapat mencapai pengurangan 18% kolesterol LDL pada orang gemuk.

2. Bran (Oat, Beras)

branKolesterol Pengurangan : 7-14%

Bran, khususnya oat bran, telah terbukti efektif dalam menurunkan kadar kolesterol LDL. Tambahkan bubuk sereal panas dan roti. Juga, makan seluruh oatmeal setiap pagi, atau beralih ke produk keseluruhan seperti beras merah. Kerena dapat membantu Anda mendapatkan lebih banyak menurunkan angka kolesterol Anda. Klik untuk melihat fakta-fakta nutrisi lengkap untuk Bran.

3. Biji Rami(Flax Seed)

biji flaxKolesterol Pengurangan : 8-14%

Mengkonsumsi 50 gram biji rami setiap hari telah terbukti menurunkan kolesterol LDL pada orang dewasa muda yang sehat hingga 8%, dan 38 gram biji rami per hari mengurangi kolesterol LDL sebesar 14% pada orang dengan kolesterol tinggi (hiperkolesterolemia). Biji rami sangat mudah dimasukkan dalam makanan yang dipanggang, serta ditambahkan ke sereal panas seperti oatmeal.

4. Bawang Putih

bawang putihKolesterol Pengurangan : 9-12%

Penelitian telah menunjukkan bahwa sekitar 900mg dari bawang putih mentah setiap hari dapat menurunkan kolesterol sebesar 9-12%. Bawang putih mentah adalah bahan yang terbaik dan dapat ditambahkan ke salad dressing minyak zaitun, atau sebagai hiasan pada sup dan sandwich.

5. Almond

almondKolesterol Pengurangan : 7-10%

Beberapa penelitian melaporkan bahwa makan sampai setengah cangkir almond dapat menurunkan kadar kolesterol hingga 10%. Dalam sebuah studi lain pada dosis tertentu ditemukan bahwa seperempat cangkir almond mengurangi kolesterol sebesar 5% dan setengah cangkir menyebabkan pengurangan sebesar 10%. Namun karena almond adalah makanan berkalori tinggi, tidak dianjurkan bahwa Anda makan lebih dari setengah cangkir. Almond yang besar sebagai camilan, atau sebagai tambahan untuk sarapan sereal seperti oatmeal.

6. Makanan Kaya Likopen

tomatKolesterol Pengurangan : 0-17%

Likopen merupakan pigmen karotenoid yang bertanggung jawab untuk memberikan buah-buahan dan sayuran berwarna merah. Zat ini banyak ditemukan pada tomat, semangka, dan berbagai makanan lycopene tinggi lainnya. Beberapa studi melaporkan pengurangan 10-17%. Liikopen juga diduga dapat meningkatkan kesehatan jantung.

7. Kenari dan Pistachio

pistachiosKolesterol Pengurangan : 10%

Sejumlah penelitian melaporkan penurunan kolesterol dengan konsumsi kenari atau pistachio. Hal ini memang betul karena lemak dari kacang-kacangan mengganti konsumsi lemak kolesterol tinggi lainnya. Mengkonsumsi sekitar 30 gram kenari, atau kacang-kacangan memiliki sekitar 20-30% dari total asupan kalori yang diperlukan untuk mencapai penurun kolesterol baik.

8. Gandum Barley (jelai)

barleyKolesterol Pengurangan : 7-10%

Seperti bubuk dari gandum dan beras, barley mengurangi kolesterol, terutama bila digunakan sebagai pengganti makanan. Gandum Barley dapat dengan mudah menggantikan gandum dalam bentuk mie barley, tepung barley, atau seluruh pearl barley.

9. Coklat hitam dan Tanaman Sterol

coklat hitamKolesterol Pengurangan : 2-5%

Sterol dan flavanol coklat (bukan produk susu coklat) telah terbukti mengurangi kolesterol sebesar 2-5%. Selanjutnya, sterol (pitosterol), ditemukan di semua tanaman, dan terutama minyak nabati seperti minyak jagung dan minyak kedelai telah terbukti menurunkan kolesterol LDL hingga 16%. Namun, penurunan ini karena menghambat penyerapan kolesterol, dan tidak akan memiliki dampak yang besar jika Anda mengkonsumsi sedikit atau tidak ada kolesterol.

10 : Green Tea

green teaKolesterol Pengurangan : 2-5%

Teh hijau telah lama menjadi kebutuhan pokok di Asia Tenggara di mana diyakini untuk mencuci minyak (lemak) keluar dari tubuh. Studi menunjukkan ini mungkin benar teh hijau dapat menurunkan kolesterol sebesar 2-5%. Teh hijau tanpa gula juga memiliki sedikit kalori (biasanya kurang dari 10) dan dapat membuat pengganti yang besar untuk berbagai minuman.

Pilihan Lain untuk Menurunkan kolesterol

a. Konsumsi Suplemen Niacin (vitamin B3)

Vitamin B3 atau niasin dikenal juga dengan asam nikotinat yaitu senyawa organik dengan rumus kimia C6H5NO2 yang merupakan salah satu dari banyak nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh.

Niacin telah terbukti menurunkan LDL (kolesterol jahat) dan meningkatkan tingkat HDL (kolesterol baik). Sebuah studi melaporkan peningkatan 20% pada HDL (baik) dengan mengkonsumsi niacin. Tidak ada studi tentang pengaruh makanan niacin tinggi dibandingkan dengan suplemen. Namun, umumnya ditafsirkan bahwa mengonsumsi makanan niacin yang tinggi akan membantu menurunkan kadar LDL buruk yang lebih rendah disamping meningkatkan kadar HDL yang baik.

b. Exercise

Studi menunjukkan bahwa latihan ketahanan aerobik yang teratur (berjalan, berenang, berlari) dapat meningkatkan tingkat baik (HDL) kolesterol yang memiliki efek protektif pada sistem kardiovaskular Anda. Hal ini terutama berlaku bagi orang-orang dengan tingkat rendah cholesterol. Selanjutnya, olahraga dapat meningkatkan efek dari diet rendah kolesterol, sehingga bisa menurunkan kadar jahat (LDL).

c. Menjadi atau semi vegetarian

Menjadi vegan artinya hanya makan makanan nabati dan menghindari semua makanan hewani seperti susu, daging, makanan laut, dll.. Veganisme telah terbukti menurunkan angka kolesterol serta trigliserida levels. Hal ini terutama berlaku untuk diet vegan yang tidak mengandung gula halus, makanan olahan, atau trans – lemak, dan sebagian besar terdiri dari makanan berserat tinggi seperti kacang-kacangan, biji-bijian, buah-buahan, dan sayuran.

d. Kurangi Stress

Studi menunjukkan bahwa stres mental, emosional, atau physchological dapat meningkatkan kadar kolesterol sebesar 10%. Sebuah penelitian secara khusus menemukan bahwa mahasiswa memiliki kadar kolesterol tinggi selama ujian atau saat menyusun skripsi. Studi lain menemukan bahwa melakukan aktivitas mental stres, seperti matematika, meningkatkan kolesterol levels. Untuk mengurangi stres dalam hidup Anda mencoba minum teh panas, yoga, atau menghabiskan waktu dengan teman-teman.

Referensi :

  • Mensínk RP, Kátán MB. Effect of á díet enríched wíth monounsáturáted or polyunsáturáted fátty ácíds on levels of low-densíty ánd hígh-densíty lípoproteín cholesterol ín heálthy women ánd men. N Engl J Med. 1989 áug 17;321(7):436-41.
  • Penny M Krís-Etherton, Thomás á Peárson, Yíng Wán, Rebeccá L Hárgrove, Krístín Moríárty, Váleríe Físhell ánd Terry D Etherton. Hígh?monounsáturáted fátty ácíd díets lower both plásmá cholesterol ánd tríácylglycerol concentrátíons. ámerícán Journál of Clínícál Nutrítíon, Vol. 70, No. 6, 1009-1015, December 1999
  • Robert W. Kírby, M.D., Jámes W. ánderson, M.D., Beverly Síelíng, R.D.,E. Douglás Rees, M.D. Oát-brán íntáke selectívely lowers serum lowdensíty lípoproteín cholesterol concentrátíons of hypercholesterolemíc men. ám. J. Clín. Nutr. 34: 824-829, 1981.

Demikian informasi makanan terbaik untuk menurunkan kolesterol.

10 Makanan Penurun Kolesterol Terbaik | Koko Wijanarko | 4.5

Berita Lainnya

error: Exclusive only on Terapimuslim.com !!
Visit Koko Wijanarko at Ping.sg Health Blogs
Health top blog sites
top blog sites Top  blogs