Macam Warna pada ASI (Air Susu Ibu) dan Penyebabnya

Share:

Warna ASI / air susu ibu itu bermacam-macam warnanya. Beberapa diantaranya warna ASI bening, putih, kebiruan, dan atau kuning. Namun kadang bukan hanya warna-warna itu, beberapa ibu mungkin memiliki warna yang tidak umum. Apakah itu? Berbahayakah?

Secara umum, ASI cenderung berwarna bening atau memiliki warna kebiru-biruan ketika pertama kali mulai keluar, baik pada awal keluar atau pada awal sesi memompa ASI. Ini adalah foremilk rendah lemak. Ini merupakan tahap perubahan dari foremilk menuju hindmilk, kemudian kandungan lemak meningkat dan susu menjadi lebih kental dan lebih putih. Bukan hanya itu beberapa makanan yang dikonsumsi ibu menyusui seperti herbal, suplemen gizi tertentu dan obat-obatan dapat mengubah warna susu menjadi ASI berwarna pink, oranye, merah, coklat, hijau dan bahkan hitam. Aditif ini juga dapat mengubah warna urin atau air seni bayi Bunda.

macam warna asi air susu ibu

Banyak bunda yang takut dan bingung pada gejala ini. Padahal biasanya ini hanya karena kita mengkonsumsi makanan tertentu. Mari kita lihat perjelasannya per warna dibawah ini.

Macam Warna ASI pada Ibu Menyusui

1. Warna ASI Hitam

Produksi susu hitam dikaitkan dengan antibiotik minocycline (Minocin). Minocycline adalah antibiotik untuk mengurangi peradangan jerawat, demam, dan masalah kulit lainnya. Minocycline juga menyebabkan penggelapan kulit. Penggunaan minocycline tidak dianjurkan saat Bunda menyusui. Selalu konsultasikan dengan dokter sebelum mengonsumsi obat-obatan.

2. Warna ASI Hijau

Susu hijau atau ASI berwarna hijau dapat terjadi setelah menelan makanan berwarna hijau atau makanan yang mengandung pewarna hijau. Minum minuman berwarna hijau, makan bayam atau rumput laut, dan mengkonsumsi herbal tertentu atau suplemen dapat mengubah ASI berwarna hijau.

3. ASI berwarna Pink, Orange, Merah, dan Coklat

ASI dapat berwarna merah, merah muda atau warna oranye yang berasal dari makanan yang alami berwarna merah, pink, dan oranye. Makanan/minuman seperti, soda jeruk, dan minuman buah merah atau oranye dapat menyebabkan susu Bunda berubah menjadi berbagai nuansa merah muda, merah dan oranye.

Jika darah dari dalam payudara mengalami Bunda kebocoran ke saluran susu Bunda, ASI mungkin tampak coklat dan berwarna butek. Hal ini disebut ‘rusty pipe syndrome’ karena ASI tampak seperti air kotor dari pipa tua berkarat. Kadang-kadang sedikit darah dari puting retak akan masuk ke susu Bunda dan membuat garis-garis merah atau merah muda.

Sejumlah kecil darah dalam ASI tidak berbahaya bagi bayi Bunda. Tidak perlu berhenti menyusui. Dalam kebanyakan kasus, pendarahan akan hilang dengan sendirinya dalam beberapa hari. Jika masalah ini tidak diselesaikan setelah seminggu, periksa dengan dokter Bunda.

Jika Bunda memiliki masalah pada suplai air susu (ASI) pada saat masa menyusui, alangkah baiknya bunda membaca ulasan berikut : bagaimana cara melancarkan ASI secara alami.

Macam Warna pada ASI (Air Susu Ibu) dan Penyebabnya | Koko Wijanarko | 4.5

Berita Lainnya

error: Exclusive only on Terapimuslim.com !!
Visit Koko Wijanarko at Ping.sg Health Blogs
Health top blog sites
top blog sites Top  blogs