Jerawat Dibawah Kulit, Penyebab dan Menghilangkannya

Share:

Jerawat atau acne seperti erupsi kulit. Jerawat dibawah kulit ini disebabkan oleh infeksi bakteri karena penyumbatan pori-pori kulit dan kelebihan sebum pada kulit. Nah fren siapa yang mukanya jerawatan? merah-merah bentol-bentol. Tidak perlu membela diri ya “bagaikan langit tak berbintang tanpa jerawat”, he sudah gak zaman.

Apa Penyebab Jerawat Di Bawah Kulit ?

jerawat di bawah kulitJerawat umumnya disebabkan oleh adanya kelebihan minyak atau sebum yang disekresikan oleh kelenjar minyak kulit. Kelebihan produksi sebum dapat dirangsang oleh peningkatan kadar hormon androgenik, yang cukup umum selama masa remaja atau pubertas. Meskipun sebum diperlukan untuk melumasi kulit dan rambut, namun sebum juga dapat menyumbat pori-pori kulit jika diproduksi berlebih. Menyumbat minyak pada kulit yang akan keluar melalui pori-pori juga menyebabkan bakteri ikut terjebak.

Nah cara ini biasanya dilakukan oleh mereka yang memiliki karakter kulit berminyak. Alhasil akan menyebabkan peradangan, kemerahan dan bernanah, yang biasanya disertai jerawat yang menyakitkan. Bakteri yang lebih umum ditemukan terkait dengan jerawat adalah Propionibacterium.

Jadi, ketidakseimbangan hormon, serta pori-pori kulit tersumbat, yang disebabkan oleh kelebihan produksi sebum merupakan faktor penyebab utama jerawat. Selain itu asam lemak esensial, asupan besar asam lemak non – esensial, dan stres juga dapat merangsang pembentukan jerawat. Bahkan kondisi alergi lingkungan tertentu atau obat-obatan tertentu dapat memicu wabah jerawat, komedo dan masalah kulit lainnya.

Bagaimana Menghilangkan Jerawat ?

Untuk menghilangkan jerawat, pertama-tama Anda harus mencegah penyumbatan pori-pori kulit, dan menghilangkan atau mengurangi bakteri pada kulit, yang dapat meminimalkan risiko infeksi. Tujuan ini dapat dicapai dengan pembersihan secara teratur wajah, dengan pembersih antibakteri. Jika ketidakseimbangan hormon adalah faktor penyebab jerawat, maka Anda mungkin perlu untuk periksa pada dokter atau menggunakan entropy cream.

perkembangan jerawat pada kulit

Pengobatan rumah tertentu juga sangat efektif dalam menyembuhkan jerawat di bawah kulit, dan mencegah terjadi infeksi. Beberapa produk alami seperti, madu diperkaya dengan sifat antibiotik jika diterapkan pada jerawat dapat membantu mengurangi penyebab infeksi bakteri dan mempercepat penyembuhannya. Madu juga dapat dicampur dengan air jeruk nipis untuk memastikan penyembuhan lebih cepat. Obat rumahan sederhana lain adalah baking powder. Namun, tidak boleh digunakan langsung pada kulit. Sebaliknya, baking powder dapat dicampur dengan air untuk membuat pasta untuk diterapkan pada daerah yang terkena. Bubuk kunyit juga dikenal karena sifat antiseptik dan sangat bermanfaat untuk kulit. Hal ini dapat diterapkan sendiri atau dicampur dengan bubuk cendana untuk membuat pasta tebal untuk diterapkan pada daerah yang terkena kulit. Seiring dengan produk perawatan kulit alami ini, Anda juga dapat mencoba krim jerawat untuk mengobati kondisi kulit ini seperti entropy cream.

Terlepas dari semua perawatan jerawat ini, pastikan untuk minum banyak air, dan mengikuti pola makan yang sehat. Makan buah-buahan dan sayuran segar, dan mengurangi asupan lemak berbahaya, seperti lemak jenuh dan trans. Tidak hanya bermanfaat bagi kulit, tetapi untuk kesehatan secara keseluruhan juga. Seperti kita lihat bahwa banyak anak-anak dengan masalah kulit ini memiliki kebiasaan meremas atau memencet jerawat dalam upaya untuk menyingkirkan jerawat. Namun, muncul atau meremas jerawat dapat memfasilitasi masuknya bakteri dan kuman dan ini dapat menyebabkan infeksi dan jaringan parut. Oleh karena itu, sangat penting untuk menahan diri dari untuk tidak memencet mereka.

Jerawat Dibawah Kulit, Penyebab dan Menghilangkannya | Koko Wijanarko | 4.5

Berita Lainnya

error: Exclusive only on Terapimuslim.com !!
Visit Koko Wijanarko at Ping.sg Health Blogs
Health top blog sites
top blog sites Top  blogs