Apa Itu Diabetes dan Proses Terjadinya Diabetes

Share:

Apa itu Diabetes ?

Apa itu diabetes, apakah Anda sudah mengetahui penyakit apa ini dan proses terjadinya diabetes? Penyakit Diabetes Mellitus (DM) yang juga dikenal sebagai penyakit kencing manis atau penyakit peningkatan gula darah adalah golongan penyakit kronis yang ditandai dengan peningkatan kadar gula dalam darah sebagai akibat adanya gangguan sistem metabolisme dalam tubuh, dimana organ pankreas tidak mampu atau kurang memproduksi hormon insulin sesuai kebutuhan tubuh. Insulin adalah salah satu hormon yang diproduksi oleh Pankreas yang bertanggung jawab untuk mengontrol jumlah/kadar gula dalam darah dan insulin dibutuhkan untuk merubah (memproses) karbohidrat, lemak, dan protein menjadi energi yang diperlukan tubuh manusia. Hormon insulin berfungsi menurunkan kadar gula dalam darah.

Diabetes / diabainein = tembus atau pancuran air dan Mellitus = rasa manis. Jadi Diabetes Mellitus atau Kencing Manis adalah penyakit gangguan kesehatan dimana kadar gula dalam darah seseorang menjadi tinggi karena gula darah tak dapat digunakan oleh sel tubuh untuk aktifitas (Hiperglikemia). Ini disebabkan oleh tidak adanya atau sedikitnya insulin di dalam tubuh. Sisa gula yang tinggi pada peredaran darah akan dibuang melalui air seni. Lalu karena tidak adanya energi untuk aktifitas akan menyebabkan seseorang menjadi lemas,lapar,haus, sering BAK, gatal-gatal dll.

Proses terjadinya Diabetes

Insulin adalah “truk”pengangkut semua sari makanan ke seluruh sel tubuh. Pankreas sebagai penghasil insulin mengirimkan insulin ke usus halus. Dalam usus halus ini terjadi penyerapan sari-sari makanan yang dibutuhkan oleh tubuh. Karena gula darah meningkat maka Insulin meningkat. Insulin larut ke dalam pembuluh darah dan membawa sari makanan ke seluruh sel dan organ tubuh. Apabila jumlah insulin tubuh kurang, maka sari makanan (glukosa) tidak akan sampai ke organ tubuh secara maksimal. Akibatnya glukosa dalam darah menjadi menumpuk dan bila diperiksa laboratorium pasti gula darahnya tinggi.

Proses Terjadinya Diabetes

Prediksi kenaikan pasien diabetes di Indonesia yaitu dari 8,4 juta pada tahun 2000 menjadi sekitar 21,3 juta pada tahun 2030 (Konsensus Pengelolaan Diabetes Melitus 2006). Tahun 2002, Indonesia merupakan negara ke-4 terbesar untuk prevalensi diabetes melitus. Untuk itu diperlukan penanganan yang tepat bagi penderita diabetes. (Berdasarkan data IDF (International Diabetes Federation).

Demikian apa itu diabetes dan proses terjadinya diabetes.

Apa Itu Diabetes dan Proses Terjadinya Diabetes | Koko Wijanarko | 4.5

Berita Lainnya

error: Exclusive only on Terapimuslim.com !!
Visit Koko Wijanarko at Ping.sg Health Blogs
Health top blog sites
top blog sites Top  blogs