9 Makanan Super di Dunia (Superfood Terbaik)

Share:

Adakah makanan super di dunia ini? Tentu ada. Ciptaan Allah tentu tidak bisa dibandingkan dengan ciptaan manusia. Obat buatan manusia (serum, antibiotik, atau senyawa sintesis) tidak mungkin bisa lebih baik dari herbal. Setuju? Jika anda setuju silakan lanjut membacanya ya.

Ya berikut ini akan saya sampaikan 9 jenis makanan terbaik didunia ini yang tergolong superfood. Jika Anda belum tau apa itu superfood, superfood adalah istilah dalam dunia kesehatan makanan yang menggambarkan kandungan gizi, vitamin dan mineral yang sangat padat. Tersebar diseluruh dunia kurang lebih 50-100 jenis. Namun dari semua superfood itu tersaring 9 yang paling hebat didunia kesehatan. Apa itu? Berikut 9 jenis makanan superfood terbaik didunia.

9 Superfood Herbal Terbaik di Dunia

9 makanan superfood herbal terbaik

9 makanan superfood herbal terbaik

1. Flax Seed (Biji bunga flax)

biji bunga flaxSebenarnya Flaxseed adalah biji/benih dari bunga flax (Linium Usitatissinum) yang tumbuh subur di daerah Amerika dan Kanada. Bentuknya sama persis seperti biji wijen namun ada yang berwarna coklat tua dan keemasan. Yang berwarna emas jauh lebih baik daripada yang berwarna coklat karena mengandung khasiat sekitar 20-25% lebih tinggi. Yang saya sangat suka dengan FLAXSEED adalah FDA (Food & Drugs Administration) juga merekomendasikan untuk mengkonsumsi makanan alami ini secara rutin karena sudah terbukti aman dan tanpa efek samping. FDA adalah lembaga kesehatan yang paling terpercaya dan paling kritis di dunia kesehatan secara global.

Khasiatnya Utama: Omega3 tertinggi di dunia (15x ikan salmon). Zat lignan yang tinggi merupakan anti oxidan dalam menghambat pertumbuhan sel kanker (800x dari bawang putih). Dan super serat (10x dari pisang, apel, pir) 1 biji flaxseed sama dengan makan 10 apel *Wooow.

2. Chia Seed

biji chiaChia adalah anggota dari keluarga sage (Salvia Hispanica) mirip sekali dengan selasih tapi bukan selasih. Chia Seeds adalah salah satu super-food terbaik yang sangat kaya akan omega-3 fatty acids termasuk alpha linolenic acid (ALA) dan sumber Energy. Biji hitam dan putih kecil tersebut pernah menjadi makanan pokok dari suku Inca, Maya dan Aztec, bersama dengan penduduk asli Amerika dari barat daya. “Chia” adalah kata dari suku Maya yang berarti kekuatan. Biji yang digunakan oleh budaya kuno sebagai makanan mega-energi, terutama bagi mereka utusan pembawa pesan yang selalu membawa kantong kecil chia dengan mereka. Chia telah disebut ‘Makanan Pelari India’ dan memberikan gelombang energy yang sangat luar biasa. Dengan mengkonsumsi Chia, mampu meningkatkan daya tahan dan energi tubuh.

Khasiat Utama: Satu ons biji Chia (28 gram) setara dengan 11 gram serat makanan atau hampir separuh dari asupan harian serat yang direkomendasikan untuk orang dewasa. Biji Chia telah terbukti menjaga tekanan darah dan meningkatkan kolesterol baik (HDL) sehingga mampu menurunkan kolesterol buruk (LDL) dan trigliserida. Biji chia mampu menyerap 10 kali air yang masuk kedalam tubuh dan membentuk gel yang baik untuk diet.

3. Acai Powder

biji acai berryDikutip dari Every Diet, Acai Berry adalah buah mungil berbentuk bulat, dengan warna ungu kemerahan. Buah ini berasal dari pohon tinggi, sejenis pohon kelapa yang berasal dari Amerika Tengah dan Selatan. Acai berry merupakan sumber alami antosianin, yaitu salah satu jenis antioksidan sangat kuat , disamping itu Acai berry juga mengandung asam lemak esensial, asam amino dan sterol. Sterol membantu untuk menjaga tingkat kolesterol yang aman pada kisaran normal. Fakta mengatakan bahwa Buah Acai mengandung antioksidan yang kuat yaitu 2 kali lebih tinggi daripada buah manggis dan buah delima yang sangat ampuh melawan dampak radikal bebas.

Khasiatnya Utama: Antioksidan kuat 2x lebih kuat dari manggis. Pembakar lemak alami sehingga sangat direkomendasikan untuk menurunkan berat badan akibat timbunan lemak tubuh. Memperbaiki metabolisme yang sangat cepat. Serta regulasi kolesterol yang baik lemak darah dalam tubuh.

4. Chlorophyll (zat hijau daun)

chlorophyll (klorofil)Kita pasti sudah tau untuk melakukan fotosintesis, daun membutuhkan zat hijau daun atau klorofil. Sebenarnya fungsi klorofil pada tanaman hampir sama dengan fungsi darah pada manusia. Struktur klorofil mirip dengan hemoglobin pada darah, hemoglobin berfungsi untuk mengangkut oksigen ke seluruh jaringan tubuh. Yang membedakan antara klorofil dan hemoglobin adalah inti atomnya.

Khasiat Utama: Klorofil memiliki efek khelasi (proses mengeluarkan logam berat dari aliran darah melalui khelat, seperti dalam mengobati keracunan timbal atau merkuri). Mengandung nutrisi-nutrisi yang membantu untuk meningkatkan jumlah dan kualitas sel darah merah dalam tubuh. Kandungan magnesium dalam klorofil membantu dalam mengangkut oksigen ke semua sel dan jaringan dalam tubuh. Dan juga membantu stimulasi sel-sel darah merah, sehingga suplai oksigen pun meningkatkan.

5. Matcha Powder (serbuk teh hijau)

matcha teh hijauNegara Jepang seperti kita tahu sangat terkenal dengan budayanya minum teh. Budaya yang telah berabad abad lamanya, telah menghasilkan berbagai minuman / bahan minuman yang berasal dari daun teh. Sencha, Gyokuro, Bancha dll adalah nama nama teh yang ada dalam budaya Jepang. Dan salah satu yang terkenal ialah Matcha yaitu bubuk teh hijau. Kandungan teh tidak bisa sepenuhnya diserap tubuh hanya dengan minum teh secara biasa kita lakukan. Salah satu cara untuk mengambil semua manfatnya adalah dengan minum semua teh tersebut. Caranya dengan menggiling teh hijau lalu dibuat minuman. Mengkonsumsi matcha sama dengan mengkonsumsi 10x green tea.

Khasiat Utama: Anti-kanker berupa anti oksidan Catechin EGCg (epigallocatechin gallate). Antioksidan yang kuat 10x dari vitamin C. Pembakar lemak alami dan meningkatkan metabolisme tubuh yang sangat kuat. Serta memperbaiki keadaan mental berupa zat yang mampu mempengaruhi mood yang meminumnya menjadi stabil (anti stress).

6. Hemp Hearts (biji ganja)

hemp hearts (biji ganja)Ya betul ganja jenis narkotika yang dilarang di Indonesia. Ganja (hemp) adalah tumbuhan budidaya penghasil serat, namun lebih dikenal karena kandungan zat narkotika pada bijinya, tetrahidrokanabinol (THC, tetra-hydro-cannabinol) yang dapat membuat pemakainya mengalami euforia (rasa senang yang berkepanjangan tanpa sebab). Di beberapa negara tumbuhan ini tergolong narkotika (termasuk di Indonesia), walau tidak terbukti bahwa pemakainya menjadi kecanduan, berbeda dengan obat-obatan terlarang jenis lain yang menggunakan bahan-bahan sintetik atau semi sintetik dan merusak sel-sel otak, yang sudah sangat jelas bahayanya bagi umat manusia. Di antara pengguna ganja, beragam efek yang dihasilkan, terutama euforia (rasa gembira) yang berlebihan serta hilangnya konsentrasi untuk berpikir di antara para pengguna tertentu.

Khasiat Utama: Kaya protein tinggi, Menjaga kesehatan kuku, rambut dan kulit. Lemak yang aman untuk tubuh manusia. Permasalahan yang sering terjadi pada beberapa jenis lemak seperti lemak jenuh, lemak hewani, dan minyak yang terhidrogenasi adalah apabila lemak-lemak tersebut di konsumsi dalam jumlah yang tinggi dapat menyebabkan berbagai masalah seperti obesitas, kolesterol tinggi dan penyakit kardiovaskuler. Namun di sisi lain EFA adalah lemak yang baik. Ada dua jenis EFA’s. Pertama adalah asam linoleat atau linoleic acid (LA) atau lebih dikenal sebagai omega-6 dan yang kedua adalah asam linolenat, linolenic acid (LNA) atau omega-3.

Asam lemak bila dikonsumsi dalam proporsi yang tepat dapat membantu energi yang diambil dari makanan dan mendistribusikannya ke setiap sel dalam tubuh dengan cara yang efisien dan sehat. Rasio ideal omega-6 dengan omega-3 adalah 4:1, keseimbangan yang tepat seperti ini bisa anda dapatkan pada Hemp Seed (biji ganja).

7. Maca (akar maca)

akar macaMaca adalah sejenis umbi akar yang tumbuh pada ketinggian 14.000 kaki diatas permukaan laut di pegunungan Andes ,Peru. Maca adalah tumbuhan dengan daya tahan yang sangat tinggi, dapat hidup pada kondisi yang ekstrim dimana cuaca dingin, angin kencang dan udara yang tipis. Maca penanamannya tidak memerlukan pupuk kimia atau organik, juga Tidak memerlukan insektisida karena tidak ada serangga yang dapat hidup pada ketinggian 14.000 kaki diatas permukaan laut. Dianjurkan oleh FAO (Food and Agriculture Organization) sebagai makanan kesehatan yang aman dan juga dipilih sebagai makanan utama astronot NASA, persatuan pendaki gunung 8000 Peru serta Tim Piala Dunia Jepang/Korea 2002.

Khasiat Utama: Mengurangi stress dan kelelahan serta meningkatkan kesuburan pria dan wanita. Meningkatkan libido dan perfoma seksual baik wanita maupun pria. Meningkatkan energi yang sangat besar yaitu 59% karbohidrat. Bersifat menenangkan atau anti stress. Bermanfaat bagi sistem saraf dengan meningkatkan kapasitas konsentrasi dan memori.

8. Bee Pollen

bee pollen (serbuk sari bunga jantan lebah)Bee Pollen berasal dari kata Bee (lebah) dan Pollen (serbuk sari bunga jantan), jadi Bee Pollen berarti Serbuk Sari Bunga Jantan yang diambil oleh lebah dan digunakan sebagai makanan pokok dari seluruh koloni lebah madu. Istilah yang sering digunakan oleh para peternak untuk Bee Pollen adalah “Roti Lebah”. Proses pengambilan Bee Pollen itu sendiri sangat sederhana. Sewaktu lebah menghisap nektar (bakal madu) dari bunga, serbuk sari bersama nektar dan liur lebah terkumpul kemudian disimpan pada kantung pollen yang terdapat pada kakinya.

Bee Pollen adalah unsur reproduksi jantan pada tumbuhan yang berbentuk debu halus yang berwarna kuning keemasan. Pollen terdapat pada benang sari bunga tanaman. Setiap butir pollen mengandung 100.000 hingga 5 juta spora pollen, yang masing-masing memiliki kemampuan untuk bereproduksi sehingga terbentuklah bunga, buah, padi-padian, pohon, dan sebagainya.

Khasiat Utama: Merupakan superfood yang kaya sekali akan protein alami. Pollen mengandung 40-80% asam glutamat bebas (yang tidak diproduksi tubuh manusia) dapat mencegah penyumbatan darah di otak, meningkatkan IQ, termasuk keterbelakangan mental dan konsentrasi. Pollen meningkatkan metabolisme dengan menciptakan reaksi berantai tak berujung sepanjang seluruh sistem tubuh manusia.

9. Turmeric (kunyit/curcuma)

turmeric (kunyit)Kunyit adalah tanaman herbal yang sangat terkenal di Indonesia. Selain sebagai bumbu dapur, kunyit di Indonesia telah digunakan sebagai obat. Kunyit merupakan tanaman obat berupa semak dan bersifat tahunan (perenial) yang tersebar di seluruh daerah tropis. Tanaman ini menyerupai jahe, tetapi pahit, kelat, dan sedikit pedas, tetapi tidak beracun. Tanaman ini banyak dibudidayakan di Asia, khususnya di India, Cina Selatan, Taiwan, Indonesia (Jawa), dan Filipina. Di Indonesia kita mudah menjumpai kunyit yang biasa tumbuh kebun atau hutan.

Khasiat Utama: Kandungan utama kunyit adalah kurkumin dan minyak atsiri yang berfungsi untuk pengobatan hepatitis, antioksidan, gangguan pencernaan, anti mikroba, anti kolesterol, anti HIV, anti tumor (menginduksi apostosis), menghambat perkembangan sel tumor payudara, menghambat ploriferasi sel tumor pada usus besar, anti invasi, anti rheumatoid arthritis (rematik).Diabetes melitus, Tifus, Usus buntu, Disentri, Sakit keputihan; Haid tidak lancar, Perut mulas saat haid, Memperlancar ASI; Amandel, Berak lendir, Morbili, Cangkrang (Waterproken).

Nah demikian 9 makanan superfood terbaik didunia. Salah satunya sangat dekat dengan kita yaitu kunyit, nah ayo manfaatkan yang ada dan mari kita sehat dengan herbal.

Allahu a’lam.

Disusun oleh Abusena Wijanarko (Herbalist & Consultant TerapiMuslim.com)

Referensi :
Kompasiana.com
Superfoodindonesia.com
Id.wikipedia.co.id

Artikel : 9 Makanan Super di Dunia (Superfood Terbaik)

9 Makanan Super di Dunia (Superfood Terbaik) | Koko Wijanarko | 4.5

Berita Lainnya

error: Exclusive only on Terapimuslim.com !!
Visit Koko Wijanarko at Ping.sg Health Blogs
Health top blog sites
top blog sites Top  blogs